Kapolres Blora Hadiri Pengukuhan Paskibra Blora - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


16 August 2017

Kapolres Blora Hadiri Pengukuhan Paskibra Blora

Blora, suarakpk.com - Sebanyak 74 putra-putri terbaik Kabupaten Blora yang tergabung dalam pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Blora Joko Nugroho, di Pendopo rumah dinas Bupati Blora.

Pemerintahan Kabupaten Blora pada hari ini Selasa malam pukul 19.30 WIB telah melaksanakan salah satu dari rangkaian kegiatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 Kabupaten Blora. Rabu (15/08/17).

Bertindak sebagai Inspektur upacara pada peringatan detik-detik proklamasi esok hari langsung dipimpin oleh Bupati Blora Joko Nugroho dan sebagai Perwira Upacara Kompol Zuwono S.E (Kabag REN Polres Blora), sedangkan Komadan Paskibra dijabat Ipda Edi Santosa.

Paskibraka Kabupaten Blora sendiri tergabung dari pelajar SMA/SMK sederajat yang ada di Kabupaten Blora dengan jumlah 74 orang.

Pengukuhan Paskibraka tingkat kabupaten Blora Tahun 2017 ini berjalan khidmat yang dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten Blora, jajaran Forkopimda, Kepala SKPD, jajaran TNI/POLRI, Purna Paskibraka dan orang tua calon Paskibraka.

Sebelum dikukuhkan, terlebih dahulu dilaksanakan pengantar pengukuhan oleh Bupati Blora selaku Inspektur Upacara membacakan Dharma Mulia Putra Indonesia yang merupakan Kode Kehormatan Paskibraka dan Ikrar Putra Indonesia yang diikuti oleh seluruh calon Paskibaraka.

Usai membacakan ikrar Putra Indonesia, Bupati Blora membacakan kata-kata pengukuhan yang berbunyi “Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa saya kukuhkan anak-anakku sekalian sebagai Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Blora Tahun 2017, semoga amal Bhakti kita semua mendapat Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dengan segenap taufik hidayah dan inayahnya”

Masih acara pengukuhan, kemudian Bupati Blora menyematkan tanda Paskibraka di baru perwakilan putra putri Paskibra sebagai tanda sahnya pengukuhan Paskibra tingkat Kabupaten Blora tahun 2017.

Selanjutnya dengan iringan lagu kebangsaan gugur bunga dan padamu negeri satu persatu anggota Paskibraka maju kedepan memberikan penghormatan  sambil menarik nafas panjang mencium Bendera Pusaka Merah Putih sebagai kiasan bersedia untuk senantiasa setia dan berbakti pada NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

Dalam sambutan Bupati Blora mengatakan Paskibraka harus memiliki kemampuan seperti layaknya pisau bermata dua sisi, yang keduanya memiliki ketajaman yang sama.

Sebagai anggota di satu sisi harus memiliki kemampuan menunaikan tugas pengibaran dan penurunan bendera dengan sempurna pada tanggal 17 Agustus 2017, dan di sisi lain anggota Paskibaraka harus memiliki kemampuan yang tajam dalam memiliki karakter positif dan tangguh sebagai seorang pemuda - pemudi yang berprestasi serta bermanfaat bagi lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Bupati mengharapan kiranya setelah menjalani masa pembinaan dan pelatihan, anggota paskibraka dapat menjadi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Blora yang berkarakter dan berprestasi serta menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa.

Sementara tujuan pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka itu sendiri adalah untuk membentuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten Blora yang handal dan mampu bertugas dengan baik  pada upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2017. Hal itu disampaikan oleh  Bupati Blora, Joko Nugroho, sebagai penekanannya.

Kapolres Blora AKBP Saptono usai menghadiri pengukuhan Paskibra mengatakan bahwa TNI dan Polri yang beryugas melatih anggota Paskibra sudah melakukan tugasnya sesuai SOP. Diharapkan pada saat pelaksaan hari H nanti para Paskibra mampu menampilkan yang terbaik dihadapan para peserta upacara dan tamu undangan yang hadir di alun-alun kota Blora.

"Insya Allah mereka akan melaksanakan tugasnya dengan baik dan menjadi tunas-tunas harapan bangsa yang siap mengahadapi derasnya tantangan globalisasi, generasi muda yang memiliki karakter yang kuat, kepribadian yang tangguh, dan siap melakukan Bela Negara," tutup Kapolres AKBP Saptono. (edycom) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad