Cilacap Kembali Menerima Hibah Barang Milik Negara - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


08 August 2017

Cilacap Kembali Menerima Hibah Barang Milik Negara

Cilacap, suarakpk.com - Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten dari 66 Kabupaten/ kota se Indonesia yang menerima hibah Barang Milik Negara (BMN) dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (Kemen ESDM RI). Penerimaan dilakukan di di Lingkungan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) dan Badan Geologi di Surabaya, Kamis (27/07).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Badan Geologi Ego Syahrial, Inspektur Jenderal Mochtar Husein, Sesditjen EBTKE Dadan Kusdiana, Sesbadan Geologi Iman Sinulingga, Inspekur Kementerian ESDM Halim, Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati dan Kepala Dinas dan Kepala Bidang yang akan menandatangai Berita Acara Serah Terima (BAST) dan menerima Hibah BMN.

Penyerahan aset dari Sesditjen EBTKE, Dadan Kusdiana kepada Pemkab Cilacap yang diwakili Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan ( Disperkimta), Ir. Sunarno ditandai dengan penandatanganan dokumen hibah berupa Naskah Hibah BMN dan BAST.

Penandatangan tersebut disaksikan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM RI Rida Mulyana, dan Inspektur Jenderal Kementrian ESDM Mochtar Husain, serta Sekretaris Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana.

Saat ditemui dikantornya beberapa waktu lalu, Kepala Disperkimta Kabupaten Cilacap, Ir. Sunarno mengatakan, Saya sudah 2 kali ditugasi bapak Bupati untuk menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) dan hibah Barang Milik Negara (BMN) yang di serahkan dari kementrian ESDM kepada pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Yang pertama, waktu saya di dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan yang kedua baru kemarin. Saya mewakili bapak Bupati untuk menandatangani BAST sumur air pompa dalam (sumur bor), dan hibah BMN,” katanya.

Untuk tahun ini, menurutnya pemberian tersebut terdiri dari dua kegiatan, yaitu pembangunan lampu penerangan jalan raya umum lengkap dari tiang sampai  jaringan dan lampu-lampunya, ada sekitar 55 unit yang tersebar di berbagai desa  di wilayah Cilacap, dan pemasangan lampu hemat energi sebanyak 90 buah lampu di Jalan Gatot Subroto.

“Kegiatan yang kedua yang diserahkan kementerian ESDM kepada Pemkab Cilacap yakni berupa dua unit lengkap sumur pompa dalam (sumur bor) dengan kapasitas masing-masing 3 liter per detik untuk diberikan kepada dua desa di wilayah Kabupaten Cilacap, yaitu desa Ciwalen Kecamatan Dayaeuhluhur dan desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung,” jelas Sunarno.

Dia menambahkan, kedalaman sumur bor ini bisa mencapai seratus meter, bahkan lebih, dan standar dari kementrian adalah sampai keluar air.

“BMN ini di bangun dengan angaran APBN melalui anggaran sektoral dari Kementerian, dan Pemkab Cilacap sifatnya hanya menerima hibah barang berupa hasil kegiatan ini,” ungkapnya.

Di seluruh Indonesia, jelas Sunarno untuk triwulan kedua tahun 20017 ini ada 60 lebih Pemerintah Kabupaten/ Kota. Kementrian ESDM secara rutin melaksanakan kegiatan penandatanganan BAST dan BMN ini, setiap tahun bisa 2 atau 3 kali tergantung kesiapan daerah dan juga kesiapan kementerian ESDM itu sendiri.

“Hal ini di lakukan dalam rangka tertib admintrasi pengelolaan aset. Setelah Pemerintah Kabupaten/ Kota menerima aset dari BMN ini, maka kewajibannya yang pertama adalah mencatat bahwa BMN ini sebagai menjadi Barang Milik Daerah (BMD),” tandasnya.

Lebih lanjut Sunarno menjelaskan, kemudian mengelola yaitu memanfaatkan atau memelihara, agar hasil kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Anggaran yang dikeluarkan untuk lampu PJU dan Sumur pompa dalam ini tidak kurang dari 2 miliar rupiah,” tegasnya.

Sunarno menambahkan, setiap tahun Kementrian ESDM memberikan peluang bagi Pemerintah Kabupaten/ Kota untuk permintaan hibah barang sepanjang daerah yang potensi untuk dibantu, seperti Kabupaten Cilacap memang potensi kekeringannya tinggi, maka dibantu sumur air pompa.


“Setelah kita memperoleh hibah BMN ini yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat, saya mohon masyarakat yang berada di sekitar untuk bisa memanfaatkan dan sekaligus memelihara, agar bisa bermanfaat untuk selamanya,” pungkasnya. (Indra/ Rus)

No comments:

Post a Comment