16 Desa Se Kecamatan Gemuh, Berhasil Selesaikan Dana Desa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


12 August 2017

16 Desa Se Kecamatan Gemuh, Berhasil Selesaikan Dana Desa


Kendal, suarakpk.com - Sebanyak 16 desa di Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal melaporkan sudah melaksanakan dana desa (DD) tahap I  Tahun  2017, dengan baik dan sesuai aturan dan transparansi.
Pantauan suarakpk.com di lapangan pelaksanaan proyek yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) pada beberapa Desa se Kecamatan Gemuh telah diselesaikan, menurut Ketua Paguyupan Kepala Desa se Kecamatan Gemuh Samsudin saat di konfirmasi di rumahnya kemarin jum'at (11/8/2017) mengatakan "pelaksanaan proyek anggaran Dana Desa (DD) tahun 2017 ini telah dilaksanakan dengan baik dan transparan, agar semua warga mengetahui semua kegiatan penggunaan anggaaran Dana Desa (DD) tersebut."
Samaudin menjelaskan, "ke 16 desa se Kecamatan Gemuh sudah di laksanakan, sekarang tinggal tahap meng SPJ kan secara admintrasif dan untuk bangunan fisik alhamdulillah ada 1-2 desa tinggal fhinisingnya, kemarin sudah di cek dari pihak kecamatan, sudah di ukur semua dan sekarang tahap pelaporan kaitannya dengan realisasinya, baik yang di lapangan maupun yang SPJ nya."
Lebih lanjut, Samaudin menambahkan pelaporan pertanggungan jawaban diperkirakan selesai seminggu ke depan. "mungkin untuk ke 16 desa se kecamatan gemuh sudah hampir selesai. insya Allah dalam minggu minggu ini selesai semua." katanya.
Sementara saat dikonfirmasi terkait Rencana Anggaran Belanjanya, Samaudin mengungkapkan "untuk pelaksanaan perecanaan RAB, banyak peningkatan volume dari RAB nya, seperti contoh, yang tadinya volume 300, praktik pengerjaannya bisa ber tambah menjadi 315 dan sampai 320."
Menurutnya, hal tersebut terjadi karna gotong royong swdaya masyarakat mengurangi beban biaya yang ada di anggaran RAB tersebut.
"para Kepala Desa juga melibatkan semua masyarakat musrenbang desa, semua tokoh elemen masyarakat desa, RT, RW dilibatkan dalam semua perencanaan pembangunan yang menggunakan anggaran Dana Desa (DD)" jelas Samaudin.
Menurut samsudin, jika semua pengerjaanya dilaksanakan dengan baik, tentu sangat membantu program pemerintah di tingkat pedesaan.
"kepala desa se Kecamatan Gemuh kususnya diharapkan pada akhir agustus ini kita sudah bisa mengajukan pencairan dana desa (DD) agar uang sudah bisa di transfer ke rekening kas pemda dan sehingga di awal september sudah ada perencanaan" harapnya.
Menurutnya, jika akhir Agustus ini Dana Desa bisa dicairkan, maka perencanaan bangunan gedung tidak terganggu waktunya, artinya Kepala Desa selama dua bulan fokus untuk mengerjakanya dan yang satu bulan bisa menyelesaikan atmistrasi SPJnya. (beki)

No comments:

Post a Comment