Lomba Perahu Pasir Mulai di Minati - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


30 July 2017

Lomba Perahu Pasir Mulai di Minati

Banyumas, suarakpk.com – Festival Serayu tahun 2017 dibuka dengan lomba perahu penambang pasir khas Banyumas, Jawa Tengah, yang dipusatkan di Bendung Gerak Serayu (BGS), pada 29-30 Juli 2017.

Lomba Perahu penambang pasir juga dihadiri Bupati Banyumas, Khmad Husein, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Rawalo, Kecamatan Patikraja maupun Kecamatan Kebasen serta Unit Pelaksana Tehnis (UPT) yang tergabung dalam kepanitiaan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Saptono Supriyanto mengatakan, ini masih dalam rangkain satu kegiatan festival serayu tahun 2017.

Ada 2 kegiatan, jelasnya yang pertama pada tanggal 29 Juli yakni lomba balap perahu pasir. Lomba ini diikuti oleh penambang-penambang pasir dari Kecamatan Kalibagor sanpai Kecamatan Rawalo serta satu peserta dari luar daerah yakni Adipala Cilacap.

“Lomba perahu pasir ini diikuti 30 team, ini luar biasa. Tahun ini paling banyak pesertanya dibanding tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Saptono menambahkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memanfaatkan potensi wisata yang ada di sepanjang jalur sungai serayu. Karena kami ingin kedepan ada satu wisata air di sungai serayu.

“Makanya, mulai sekarang kami sudah mempersiapkan dengan berbagai kegiatan termasuk membudayakan para penambang pasir,” tandasnya.

Kami berharap, menurutnya pada saat nanti launching kegiatan wisata air serayu, mereka bisa beralih profesi, yang tadinya penambang pasir jadi perahu wisata.

“Harapannya bisa meningkatkan kesejahteraan di sepanjang jalur atau aliran sungai serayu,” jelasnya.

Lomba balap perahu pasir ini, ungkapnya merupakan agenda tahunan, dan sudah dilaksanakan sekitar tahun 2011. Setiap tahun kegiatan ini pasti ada, dan setiap tahun kita evaluasi pelaksanaannya.

“Jika tahun-tahun lalu peserta lomba balap perahu pasir minim, sehingga kita jemput bola dari ujung timur hingga ujung barat dengan wara-wara (kabar-kabar – red) kepada para penambang pasir bekerjasama dengan paguyuban masyarakat pariwisata serayu untuk berpartisipasi di festival Serayu 2017,” pungkasnya. (RUS)

No comments:

Post a Comment