Dugaan Manipulasi Proyek Jalan Namohalu, Bupati Nias Utara Diminta Evaluasi Pemegang Proyek Dan PPK - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

04 Mei 2017

Dugaan Manipulasi Proyek Jalan Namohalu, Bupati Nias Utara Diminta Evaluasi Pemegang Proyek Dan PPK



NIAS UTARA, suarakpk.com - Proyek pembangunan peningkatan jalan dari desa namohalu menuju desa hilibanua melalui lawira kecamatan namohalu esiwa dengan anggaran sebesar Rp. 394.416.000 yang dilaksanakan oleh rekanan CV Semangat baru, diduga penuh dengan manipulasi,  seperti yang keluhankan masyarakat setempat kepada suarakpk.com belum berapa lama ini.  Masyarakat setempat menuding pelaksanaan pembangunan jalan yang hanya asal-asalan dan untuk memperkaya diri sendiri.
Saat dikonfirmasi, PPK, An. Asokhiwa Zebu di ruang kerjanya, mengatakan "semua kelemahan-kelemahan atau temuan akan segera kita perbaiki toh juga kan ini masih dalam masa pemeliharaa."
Sementara  menanggapi pernyataan ppk An. Asekhiwa Zebu, Sekjend DPD LSM MITRA Septianus Zega mengatakan "jangan terlalu larut atas janji-janji yang di sampaikan oleh ppk, kenapa? Karena, hingga sampai saat ini pekerjaan jalan tersebut sama sekali belum di sentuh apalagi turun ke lapangan."
Lebih lanjut Zega menuturkan "disini dugaan tersebut tidak masuk atau tidak layaknya temperatur hampar, tidak adanya perbaikan pondasi base A dan B serta tidak di lakukan ashel spriyer dengan baik."
Zega menjelaskan "Sehingga buruknya pelaksanaan pekerjaan di lapangan mengakibatkan bahu dan permukaan jalan terjadi keretakan alias hancur, dugaan terjadinya mark-up dalam volume dengan mengurangi ketebalan aspal."
Zega menyayangkan proyek Pembangunan jalan dikerjakan pada saat musim hujan menurutnya, hujan menyebabkan kondisi tanah lembab sehingga jalan tidak akan padat di tambah pelaksanaan prime coat (pengaspalan minyak) dari dasar jln tersebut sama sekali tidak di laksanakan prime coatnya, ujarnya.
Terpisah Ketua DPD LSM MITRA (Monitoring Independen transparansi Realisasi Anggaran) Kabupaten  Nias Utara  saat di jumpai suarakpk.com di kediamannya mengatakan "sebagai masyarakat Nias Utara mengharapkan Bupati Nias Utara agar mengevaluasi para pemegang proyek termasuk PPK dan tim PHO."
Menurut LSM MITRA, hal itu untuk kesempurnaan pembangunan yang ada di daerah Nias Utara dan bermanfaat bagi masyarakat umum, khususnya di Kab. Nias Utara. Ungkapnya dengan tegas.( N. Z)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)